SAPRAS

SARANA & PRASARANA PENDIDIKAN

Kampus MTI Canduang terletak pada lokasi yang sejuk dan nyaman di lereng sebelah utara kaki gunung Merapi. Lingkungan kampus yang dikelilingi sawah-ladang nan hijau ini didukung oleh suasana kehidupan sosial masyarakat yang religius serta memadai. Kehidupan yang jauh dari pengaruh hiruk-pikuk kebisingan kota inilah yang menjadikan MTI Canduang sejak 1 abad yang lalu sebagai salah satu tempat menimba ilmu
pilihan bagi putra-putri Indonesia yang berdatangan dari berbagai penjuru daerah bahkan dari Malaysia.

Masjid  Tarbiyah  yang terletak di komplek kampus MTI Canduang ini bermuatan 800 orang yang berfungsi sebagai salah satu pusat kegiatan santri untuk shalat berjama’ah, shalat Jum’at, Muhaddarah, praktek ibadah, dan diskusi – diskusi tentang persoalan agama. Masjid ini juga digunakan untuk MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah). Selain dipakai untuk kegiatan MTI Canduang, masjid ini juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah dan beberapa kegiatan lainnya seperti sebagai tempat majlis Ta’lim, MTQ pemuda, rapat-rapat dan lain-lain sebagainya. Selain dari guru-guru MTI Canduang, pengurus Masjid ini juga banyak dari unsur-unsur masyarakat.

Perpustakaan Syekh Sulaiman Arrasuli yang dulunya terletak di Rumah Gaduang (tempat tinggal beliau) memiliki koleksi puluhan kitab-kitab gundul. Sepeninggal beliau, perpustakaan itu dipindahkan ke salah satu ruangan di gedung kampus MTI Canduang. Sekarang kitab-kitab itu jumlahnya  terus bertambah hingga ratusan judul dan di ramaikan pula dengan buku-buku Ensiklopedi, pengetahuan umum, ilmu sosial, ilmu alam, since,  berbagai kamus, buku-buku paket pelajaran, novel, koleksi karya ilmiah seperti skirpsi, tesis dan disertasi yang membahas tentang MTI Canduang serta majalah dan koran. Selain buku fisik, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan perpustakaan digital (al-Maktabah as-Syamilah) yang memuat 10.000 judul kitab-kitab dari berbagai disiplin keilmuan. Kitab-kitab itu bisa diakses melalui komputer yang disediakan di ruangan perpustakaan itu. Selain itu, al-Maktabah as-Syamilah juga bisa di instal ke PC, Laptop, Note Book dan Net Book guru dan santri.

MTI Canduang memiliki ruang belajar yang  kondusif. Sa’at ini ruang belajar yang tersedia baru sebanyak 30 lokal dengan muatan murid setiap kelasnya rata-rata sebanyak 35 orang santri. Masing-masing kelas  diberi  kebebasan untuk menata dan mendisain ruangan mereka sendiri. Kelas  paling rapi dan bersis akan diberi reward setiap semesternya. Sehingga dengan demikian, masing-masing kelas dan lokal memiliki corak dan ciri khas masing-masing dengan accessories Kaligrafi, paduan warna cat dan tata penyusunan meja-kursi yang berbeda-beda pula.

Untuk memudahkan PBM (Proses Belajar Mengajar), Ponpes MTI Canduang juga menggunakan System Informasi Sekolah (SIS). Aplikasi yang dipakai sama juga dengan yang dipakai di sekolah-sekolah lain pada umunya, yaitu berupa bel komputer otomatis (pergantian jam pelajaran tidak lagi dijalankan secara manual), Wifi (internet area di sekitar kampus), dan SMS Gateway (informasi seputar Ponpes MTI Canduang yang berbasis Short Message Service. Fasilitas SIS lainnya adalah AVOST (Audio Visual Online System). Yaitu sistem CCTV yang memadukan antara sound dengan video yang memungkinkan si pemantau dengan yang dipantau berkomunikasi interaktif. Alat ini dipasang di setiap lokal dan sudut-sudut  ruangan  MTI Canduang.

Sejak tahun 2007 Ponpes  MTI Canduang diberi bantuan oleh Departemen Agama RI berupa fasilitas Labor STEP 2  (Science and Technology Equity Program) yaitu suatu program penyeimbangan kemampuan santri di bidang sains dan teknologi.  Labor ini terdiri dari beberapa  bidang, yaitu  Komputer, Biologi, Kimia, Fisika dan keterampilan tata Busana yang dilengkapi dengan alat-alat canggih yang tidak imiliki oleh Madrasah-madrasah sekitar pada umumnya. Di seluruh Indonesia, hanya 29 Madrasah yang mendapatkan progran ini, di pulau Sumatera hanya 5, dan di Sumatera Barat hanya MTI Canduang saja.

Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi Madrasah, maka Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) MTI Canduang juga dilengkapi dengan fasilitas Syari’ah Mart atau Mini market dengan sistem Syari’ah yang menyediakan berbagai kebutuhan belajar seperti buku-buku, dan kitab-kitab, alat tulis, kebutuhan harian untuk dapur, MCK, lemari, kasur, seragam belajar, peci, mudawwarah dan pulsa.

Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) adalah salah satu bentuk kerjasama Puskesmas Kecamatan Canduang dengan MTI Canduang di bidang pelayanan kesehatan santri.  Sekarang MTI Canduang telah memiliki ruangan Poskestren sendiri yang dilengkapi dengan dipan, kotak P3K dan alat-alat medis sederhana. Kedepan MTI Canduang berencana akan menyediakan seorang tenaga medis yang bertugas tetep disini. 

Santri-santri MTI Canduang dipondokkan di asrama-asrama yang tersedia. Untuk hal ini MTI Canduang masih mengalami keterbatasan,  belum seluruh santri bisa diinapkan di asarama yang ada. Pada tanggal 3 Mei 2013 MTI Canduang  melakukan peletakan batu pertama pembangunan asrama  permanen  untuk santri putra dengan kapasitas besar yang diharapkan bisa menampung seluruh santri.