KURIKULUM

Sejak awal berdirinya, MTI Canduang telah mempersiapkan serangkaian kurikulum yang terdiri dari bidang studi Alquran, Hadis, Tashauf, Nahu, Sharaf, Ushul Fiqh, Fiqh, Balaghah, Mantiq dan Tarekh yang pada umumnya kitab-kitab itu ditulis pada zaman yang lebih dekat dengan masa tabi’in yang berpaham ‘aqidah
Ahlussunnah waljama’ah dan Fiqih bermazhab Syafi’iy.

Sejak tahun 1978 Kurikulum Tarbiyah diperkaya  dengan program Departemen Agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk jenjang pendidikan tingkat Tsanawiyah serta Aliyah. Seiring dengan itu metode dan media pengajarannya terus berkembang.

Sekarang ini pelajaran yang diajarkan di MTI Canduang untuk tingkat Tsanawiyah adalah sebanyak 30 mata pelajaran. Sedangkan untuk tingkat Aliyah adalah sebanyak 37 mata pelajaran. Pelajaran pelajaran tersebut terdiri dari mata pelajaran kurikulum MTI, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Nasional,muatan
lokal dan pengembangan diri.

Mata Pelajaran MTI Canduang diantaranya adalah: Sharaf, Fiqih, Tauhid, Tashauf, Tafsir, Hadist, Nahwu, Ushul Fiqh, Balaghah, Tarekh, Praktek Dakwah, Praktek Ibadah, Tashrif, Tahfizd Qur’an,Tajwid, Mata Alfiyah, Aklhak, Mazahib, Qawaa’id al-Fiqhiyah. Tathbiqul Qawa’id, Qawa’id Lughah al-’Arabiyah.

Mata pelajaran Kementerian Agama diantaranya adalah Fiqih Syari’ah, Aqidah Akhlak, Qur’an Hadis, Bahasa Arab, Sejarah Kebudayaan Islam, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadist dan Mantiq.

Sedangkan Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional diantaranya adalah: Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kimia, Fisika, Biologi, Geografi, Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Teknologi Informasi dan Komputer.

Disamping itu untuk pengayaan juga ditambah dengan mata pelajaran muatan lokal dan pengembangan diri, seperti Keterampilan & Kesenian, Nasyid, Tata Busana, Kaligrafi, Pramuka, Muhaddarah, Silat, Karate, Kejurnalistikan, Elektronik, disain grafis, disain Web/blog dan keorganisasian.